Website ini tidak akan diupdate lagi, berpindah ke KeSEMaT.OR.ID. Terima kasih.

Selamatkan Mangrove di Pesisir Utara Jawa, KeSEMaT Adakan Konser Amal Mangrove Music Charity 2011!

Semarang - KeSEMaTUSTIK. Dengan tujuan utama untuk mencoba menyelamatkan ekosistem mangrove dan memerdekakan masyarakat pesisir yang berada di area kerjanya, yaitu Pesisir Utara Jawa, maka KeSEMaT akan menyelenggarakan Mangrove Music Charity (MMC) 2011 : Konser Musik Amal Penggalangan Dana Dalam Rangka
Gerakan Rehabilitasi Kawasan Mangrove di Pesisir Pantai Utara Jawa Tengah. MMC 2011 yang akan diselenggarakan oleh KeSEMaT selama kurang lebih tiga bulan ini - mulai April sampai dengan Juli 2011 - akan melibatkan organisasi mahasiswa dari Universitas Diponegoro (UNDIP), universitas-universitas di Semarang dan sekitarnya, KeSEMaT Mangrove Volunteer (KeMANGTEER), masyarakat umum, donatur dan pihak sponsor.

Adapun latar belakang dilaksanakannya MMC 2011 adalah mengingat ekosistem hutan mangrove adalah merupakan komunitas tumbuhan pesisir yang memiliki manfaat sangat besar, antara lain sebagai daerah pemijahan jenis biota tertentu, daerah asuhan ikan-ikan ekonomis penting, penyedia nutrien dan zat hara penting, serta fungsi fisik yang sangat besar, seperti menjaga daerah pesisir dari abrasi. Secara umum, kondisi mangrove di Indonesia khususnya Pantai Utara Jawa Tengah berada dalam tingkatan yang sangat mengkhawatirkan. Menurut data Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang, hutan mangrove Kota Semarang yang rusak atau hilang mencapai 11 ha dari total luasan hutan mangrove 36, 51 ha.

Memperhatikan kondisi tersebut di atas, maka KeSEMaT berinisiatif untuk menyelenggarakan program kampanye rehabilitasi kawasan mangrove di Pantai Utara Jawa Tengah dengan menawarkan konsep yang berbeda, yaitu menggabungkan antara jiwa kreatifitas musik berlirik mangrove dan jiwa konservasi mangrove di kalangan generasi muda, dengan bentuk kegiatan penggalangan dana dan kampanye mangrove melalui konser musik berlirik mangrove dari kampus ke kampus.

Tujuan umum dari MMC 2011 adalah untuk melakukan kampanye penyelamatan dan rehabilitasi mangrove di Pantai Utara Jawa Tengah dengan konsep penggalangan dana melalui konser musik mangrove di kalangan generasi muda Indonesia. Sementara itu, secara lebih mendalam, maka MMC 2011 akan diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya ekosistem mangrove, khususnya kepada para generasi muda di Semarang dan sekitarnya, membantu program penyelamatan rehabilitasi mangrove di Pantai Utara Jawa Tengah dan menjalin kerjasama dengan semua pihak dalam rangka penyelamatan rehabilitasi mangrove di Pantai Utara Jawa Tengah.

MMC 2011 akan terbagi menjadi tiga tahapan kegiatan, yang tersebut di bawah ini :

1. Kampanye Penyelamatan Mangrove Bersama KeSEMaTER
Pada tahap pertama MMC 2011, akan dilakukan upaya penyuluhan mangrove dengan cara mengkampanyekan penyelamatan mangrove ke organisasi-organisasi mahasiswa dilingkup UNDIP dan universitas-universitas di Semarang dan sekitarnya. Para Konsultan Mangrove dari KeSEMaT akan membagikan ilmunya mengenai mangrove secara gratis kepada para mahasiswa peserta kampanye dengan tujuan mengajak partisipasi generasi muda bangsa agar lebih peduli terhadap kelestarian mangrove.

2. Konser Musik Penggalangan Dana
KeSEMaT akan melakukan konser musik penggalangan dana yang diselenggarakan setelah kegiatan kampanye mangrove, dengan mengundang KeSEMaTUSTIK sebagai bintang tamu, yang merupakan band berlirik mangrove yang menyuarakan kampanye penyelamatan ekosistem mangrove. Adapun sasaran utama kegiatan ini adalah para mahasiswa dari berbagai universitas di Semarang dan sekitarnya. Direncanakan, konser musik mangrove KeSEMaTUSTIK ini akan dilakukan di masing-masing universitas dengan melibatkan organisasi atau institusi lingkungan setempat.

3. Pemberian Bantuan
Pada tahap ini, Panitia MMC 2011 akan menyerahkan donasi dari hasil penggalangan dana lewat konser musik mangrove yang telah dilakukan oleh KeSEMaTUSTIK kepada KeSEMaT. Selanjutnya, bantuan dana akan digunakan oleh KeSEMaT untuk membiayai program-program konservasi, penelitian, pendidikan, kampanye dan dokumentasi mangrovenya di area kerjanya, untuk mencoba menyelamatkan mangrove dan masyarakat pesisir di Pantai Utara Jawa dari degradasi lahan yang semakin meluas.

Daftarkan Universitas Anda!
Bagi yang tertarik dan berminat untuk membantu KeSEMaT dalam menyukseskan MMC 2011, maka Panitia MMC 2011 memberikan kesempatan kepada para mahasiswa yang berada di lingkup universitas di Semarang dan sekitarnya, untuk bisa menghubungi Panitia MMC 2011, dan menginformasikan mengenai permintaan agar MMC 2011 bisa diadakan di universitasnya masing-masing. Panitia MMC 2011 akan memilih kurang lebih enam tempat/universitas di Semarang dan sekitarnya untuk didatangi Konsultan Mangrove KeSEMaT dan KeSEMaTUSTIK dalam rangka pelaksanaan MMC 2011. Kami mempersilahkan Anda untuk langsung menghubungi kontak person MMC 2011 di bawah ini, paling lambat 30 April 2011.

Sdr. Asnandi Nurfakih (Ketua MMC 2011)
(Staf Menteri Pendidikan dan Penelitian)
M. 085641877979 P. (024) 70527552 F. (024) 7474698
E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id

Demikian sekilas mengenai pelaksanaan MMC 2011, semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian para generasi muda akan pentingnya kelestarian mangrove. Atas kerjasama semua pihak yang mendukung kegiatan ini, kami sampaikan terima kasih. Semangat MANGROVER!

Informasi Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 KeSEMaTUSTIK | Mangrove Band All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.